Memahami Cara Kerja Dari Android Bagi Smartphone - SAMSUNGKU

Breaking News

Memahami Cara Kerja Dari Android Bagi Smartphone

Android adalah kumpulan perangkat lunak yang ditujukan untuk perangkat seluler termasuk sistem operasi, middleware, dan aplikasi utama. Android Standard Development Kid (SDK) menyediakan peralatan dan Application Programming Interface (API) yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Android dikembangkan oleh Google bersama dengan Open Handset Allience (OHA), aliansi perangkat seluler terbuka yang terdiri dari 47 perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan mengembangkan standar terbuka untuk perangkat seluler.


Sejarah dan Pengembangan Android


Awalnya ada berbagai sistem operasi pada perangkat seluler, termasuk sistem operasi Symbian, Microsoft Windsos Mobile, Mobile Linux, iPhone, dan sistem operasi lainnya. Tetapi di antara sistem operasi yang ada belum mendukung standar dan penerbitan API yang dapat dimanfaatkan secara keseluruhan dan dengan biaya rendah. Kemudian Google bergabung dengan platform Android, yang menjanjikan keterbukaan, keterjangkauan, sumber terbuka, dan kerangka kerja kualitas.

Pada tahun 2005, Google mengakuisisi perusahaan Android Inc. untuk memulai pengembangan platform android. Yang terlibat dalam pengembangan ini adalah Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Pada pertengahan 2007, sekelompok pemimpin industri membentuk aliansi mobile terbuka, Open Handset Alliance (OHA). Bagian dari tujuan aliansi ini adalah berinovasi dengan cepat dan merespons kebutuhan konsumen dengan lebih baik, dengan produk awalnya adalah platform Android. Di mana Android dirancang untuk melayani kebutuhan operator telekomunikasi, produsen handset, dan pengembang aplikasi. OHA berkomitmen untuk membuat Android open source dengan Apache License versi 2.0. 

Android pertama kali diluncurkan pada 5 November 2007, dan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android dirilis oleh T-Mobile sebagai G1 pada September 2008. Sampai pada saat ini Android sangat banyak merilis versi Android yang baru untuk bertujuan menyempurnakan versi sebelumnya. Selain berdasarkan penomoran, pada setiap versi Android ada kode nama berdasarkan nama kue. Hingga saat ini telah ada beberapa versi yang telah diluncurkan, antara lain: versi 1.5 dirilis pada 30 April 2009 bernama Cupcake, versi 1.6 dirilis pada 15 September 2009 diberi nama Donut, dan versi terakhir 2.0 dirilis pada 26 Oktober 2009 diberikan nama Éclair.

Android Anatomy


Dalam paket sistem operasi Android terdiri dari beberapa elemen seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2.3. Sederhananya, arsitektur Android adalah kernel Linux dan koleksi pustaka C / C ++ dalam kerangka kerja yang menyediakan dan mengelola aliran proses aplikasi.