Ini Spesifikasi Smartphone Yang Harus Anda Ketahui Realme C1 - SAMSUNGKU

Breaking News

Ini Spesifikasi Smartphone Yang Harus Anda Ketahui Realme C1

Realme layak mendapat sambutan meriah karena membuat banyak berita hanya dalam waktu enam bulan. Perusahaan, yang dimulai sebagai sub-merek Oppo, memulai debutnya pada bulan Mei, merilis beberapa ponsel yang telah menjadi penjual terbaik di platform e-commerce, dan meraih tempat antara Xiaomi, Honor dan Samsung dalam waktu singkat.

Keberhasilan Realme adalah hal yang langka untuk dilihat di pasar karena sangat kompetitif dan ramai di segmen anggaran / harga. Setiap ponsel Realme sejauh ini menawarkan sesuatu yang unik yang membuatnya menonjol dari segmennya, dan ponsel C1 Realme terbaru mereka juga mampu menembus pasar. Realme C1 diumumkan dengan sebagian besar spesifikasi yang sama seperti Realme 2, tetapi pada titik harga yang jauh lebih rendah yaitu Rp1.499.000.


Jika Anda Membeli Realme C1


Realme C1 masih merupakan pilihan smartphone dengan harga bagus. Jika Anda menyukai Smartphone Realme 2, maka pastinya Anda akan menyukai Realme C1. Ini memiliki desain yang menarik yang membuatnya menonjol dari smartphone plastik generik yang berada di segmen pasar entry level. 

Ini memiliki layar besar di kelasnya dan merupakan salah satu ponsel yang memiliki takik termurah di pasar. Mungkin juga yang menarik di sini adalah bahwa C1 memberikan daya tahan baterai yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh ponsel Redmi dalam kisaran ini. Satu-satunya aspek yang mungkin membuat Anda frustrasi tentang Realme C1 adalah jumlah waktu yang luar biasa yang diperlukan untuk mengisi daya perangkat. Jika Anda adalah jiwa yang sabar, Anda bisa menghadapinya dengan lebih baik daripada kebanyakan orang.

Jumlah RAM yang terbatas juga dapat mengecewakan Anda jika Anda melakukan banyak tugas, tetapi sebagai perangkat smartphone di segmen entry level keseluruhan, Realme C1 tidak akan menawarkan banyak alasan untuk mengeluh dan masih merupakan pembelian yang baik dengan harga ramah kantong.

Keuntungan :

➲ Daya tahan baterai sangat bagus
➲ Layar lebar

Kelemahan :

➲ Performa lambat
➲ Hasil Kamera Biasa
➲ Pengisian daya sangat lambat

Baterai


Mengisi baterai Realme C1 membuat saya merasa seperti saya kembali dalam lima tahun. Telepon membutuhkan waktu lebih dari 4 jam untuk mengisi daya dari nol hingga 100 persen menggunakan pengisi daya 5W pada adaptor default yang sangat mengecewakan. Menggunakan pengisi daya 10W akan membuat segalanya lebih cepat, tetapi Realme C1 tidak mendukung pengisian daya cepat sehingga disarankan untuk menggunakan waktu pengisian standar 3 hingga 4 jam untuk hasil yang baik. Anda mungkin mengisi daya telepon selama semalam saat mengisi daya.

Hal baiknya adalah Anda tidak akan terlalu sering menggunakan pengisi daya. Realme C1 menghadirkan daya tahan baterai yang luar biasa yang akan dengan mudah bertahan hingga dua hari.
kapasitas baterai mendukung 4.230 mAh yang sama dengan Realme 2. Itu karena Realme C1 memiliki piksel lebih sedikit untuk tampilan dan chipset yang tidak memerlukan banyak daya, Anda akan mendapatkan layar maksimum sekitar 6 jam penggunaan .

Kamera


Kamera belakang dari smartphone Realme C1 hampir mirip dengan Realme 2. Anda mendapatkan sensor utama 13 megapiksel dan sensor sekunder 2 megapiksel yang memungkinkan Anda mengambil foto bokeh. Kamera depan memiliki penurunan dari 8 megapiksel menjadi 5 megapiksel. Aplikasi kamera seperti iOS akan terlihat familier dan cukup mudah digunakan. Anda juga mendapatkan mode seperti Time-Lapse, Stiker dan Panorama dan fitur tambahan seperti mempercantik dan HDR.

Realme C1 menangkap detail yang baik ketika ada cukup cahaya di sekitarnya. Dalam kondisi outdoor yang cerah, foto akan terlihat tajam dan reproduksi warnanya lumayan. Ada juga jumlah kontras dan cahaya yang baik sehingga foto akan terlihat cukup cerah. Kecepatan rana juga baik dan fokus otomatis juga tajam. Dalam cahaya redup, gambar memiliki noise, tetapi sensor berhasil mempertahankan beberapa detail yang baik untuk dilihat.

Kamera juga dimaksimalkan untuk fokus pada subjek dalam cahaya rendah. Foto-foto di kamar cukup bagus tetapi masih menunjukkan beberapa kebisingan yang mengganggu.

Kinerja dan perangkat lunak


Ketika Realme 2 mengumumkan bahwa smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 450, rasanya seperti penurunan peringkat Realme 1 yang didukung oleh Helio P60. Realme C1 benar-benar hanya mendapat Snapdragon 450, tetapi rasanya tepat mengingat harga yang masuk ke segmen entry-level pada ponsel ini.

Snapdragon 450 adalah prosesor octa-core yang dipasangkan dengan RAM 2GB, sehingga tidak akan menawarkan pengalaman yang sangat mulus, terutama ketika melakukan banyak tugas. Tetapi smartphone ini bebas dari kelambatan saat melakukan tugas-tugas dasar sehari-hari seperti pengiriman pesan dan panggilan. Lag akan terasa jika kita mulai membuka aplikasi media sosial seperti Facebook atau Twitter.

Ini bukan perangkat yang baik saat membuka dan memuat aplikasi, tetapi chipset ini mampu menjalankan PUBG jika Anda bertanya-tanya. Ya, meskipun Anda dapat menjalankannya, tetapi pengaturan untuk menjalankan PUBG harus pada pengaturan minimum karena perangkat memang menunjukkan beberapa tekanan yang cukup tinggi.

Gim ini akan bekerja pada pengaturan grafis rendah secara default sehingga tidak akan terlihat tajam dan akan berjalan cukup lancar untuk 5-10 menit pertama. Namun, Anda akan melihat beberapa kelambatan jika Anda bermain untuk waktu yang lama. Berita baiknya adalah bahwa level baterai tidak menurun pada level yang signifikan bahkan ketika bermain game.

Sistem operasi Realme C1 didukung oleh Android 8.1 Oreo dengan Oppo ColorOS 5.1. Ini adalah pembungkus colorOS maksimum. Alasan terbesar adalah karena perangkat lunak masih belum dioptimalkan untuk bagian takik di bagian atas layar. Ini berarti bahwa takik cenderung mengganggu dan memakan beberapa konten yang membuatnya terlihat tidak menyenangkan. Perangkat lunak ini juga terlihat mengecewakan secara umum dengan ikon aplikasi besar yang terlihat tidak menarik.

Selain itu, slide untuk menghapus notifikasi masih hilang dan kami berharap ini dapat diperbarui dalam pembaruan ColorOS 5.2. Perangkat lunak khusus Oppo hadir dengan beberapa fitur penting yang meliputi Smart Assistant, multitasking layar ganda, Mode Game, dan beberapa lapisan keamanan baru termasuk kemampuan untuk melakukan pembayaran dan membeli aplikasi melalui pengenalan wajah. Perangkat lunak ini tidak memiliki banyak bloatware tetapi ada banyak fitur dan penyesuaian yang dapat mengganggu kinerja Realme C1 setelah beberapa bulan. Seperti Realme 1, C1 juga dilengkapi dan harus melewatkan sensor dari sidik jari. Tetapi Anda mendapatkan fitur Face Unlock yang berfungsi dengan baik tetapi harus dalam kondisi pencahayaan yang baik juga.

Dalam kegelapan, Anda harus membuka kunci ponsel dengan pola atau pin. Kisi-kisi speaker tunggal di bagian bawah memiliki tingkat volume standar, dan hanya pada pengaturan maksimum yang benar-benar keras, tetapi kejernihan suaranya sangat buruk.

Tampilan


Yang menurut kami cukup memuaskan adalah Realme C1 menggunakan layar HD yang memiliki dimensi 6,2 inci (720 × 1520). Ini adalah salah satu yang terbesar yang akan Anda temukan di segmen entry-level. Berkat bingkai tipis di bagian atas dan bawah layar, Anda mendapatkan dimensi layar super lebar dengan rasio layar 88,8 persen menurut klaim Realme. Ini adalah panel tampilan yang cerah dan penuh warna di dalam ruangan. Warna pada ikon aplikasi terlihat dalam dan jelas.

Kecerahan juga baik ketika digunakan di luar ruangan, tetapi agak tidak memuaskan jika digunakan di bawah sinar matahari langsung dan sudut pandang tidak dapat dimaksimalkan jika dilihat dari samping. Ketajaman layar kurang maksimal saat digunakan saat menonton video, tetapi tidak terlalu mengganggu untuk penggunaan sehari-hari. Kualitas layar sangat mirip dengan Realme 2, dan sangat menyenangkan melihat Realme membawanya ke titik harga yang lebih rendah. Tentu saja, layar 6,2 inci paling baik digunakan saat menonton video dalam layar penuh.

Desain


Secara keseluruhan, filosofi Realme menawarkan ponsel untuk konsumen dengan prospek segmen untuk kaum muda. Untuk mewujudkan ini, perusahaan merasa desain sama pentingnya dengan spesifikasi. Jadi Realme 1, Realme 2 dan Realme 2 Pro telah mencoba mewujudkannya. Realme C1 adalah smartphone tingkat pemula dan Anda akan berpikir bahwa perusahaan akan membuat beberapa penurunan dalam hal desain, tetapi itu tidak terjadi.

Realme C1 terlihat mirip dengan semua ponsel Realme lainnya karena memiliki panel belakang reflektif glossy dengan bazel tipis. Ini hampir mirip dengan Realme 2 karena memiliki desain yang sama, sedangkan sensor sidik jari yang dihapus membuatnya mirip dengan Realme 1. Panel belakang terbuat dari plastik, tetapi kilau mengkilap membuatnya terlihat menarik dalam varian Deep Black. Ada juga opsi Blue Ocean yang sedikit lebih menarik.

Ponsel ini cukup kompak meski memiliki dimensi layar lebar. Dengan kualitas finishing yang solid, dapat dilihat pada tombol-tombol di sekitar frame. Baki SIM di sisi kiri atas dapat menampung dua kartu SIM nano (dukungan dual 4G VoLTE) dan kartu microSD. Karena Realme C1 terlihat identik dengan Realme 2, itu juga membuat masalah yang sama di sisi desain.

Layar terasa tidak ada hubungannya dengan tubuh karena tidak ada kurva halus ke samping. Rasanya seperti terpaku kaca murah di atas dan ini adalah pemandangan yang sangat umum di kedua ponsel Realme dan Oppo. Panel belakang dari plastik glossy akan terlihat goresan dan lecet setelah beberapa hari penggunaan sehingga yang terbaik adalah memilih opsi warna gelap atau menggunakan case pelindung.